8 Kontruksi Lantai Gudang Unik Dan Sangat Kuat

8 Kontruksi Lantai Gudang Unik Dan Sangat Kuat

Pada dasarnya sebuah kontruksi lantai gudang bangunan pabrik dan juga gudang memang harus disesuaikan dengan kontur tanah. Oleh karena itu kontur tanah harus dicek terlebih dahulu untuk menentukan struktur pondasi yang akan digunakan. Oleh karena itu sangat penting dilakukan tes sondir pada tanah sehingga dapat mengetahui nilai perlawanan konus (qc), sehingga baru dapat ditentukan jenis pondasi apa yang nantinya akan digunakan.

Berikut ini beberapa jenis kontruksi pondasi yang digunakan pada pabrik dan gudang:

  1. Kontruksi ringan
  2. Menggunakan pondasi yang dangkal (shallow foundation)
  3. Type : pondasi telapak (spread footing)
  4. Kedalaman: -1.00 mm dari elevasi exiting
  5. Tegangan ijin tanah sebesar 0.50 kg/cm2
  6. Kontruksi berat
  7. Jika dimungkinkan dapat menggunakan pondasi mini pile dengan dimensi dan juga kedalaman yang sudah disesuaikan dengan kondisi yang ada dilapangan
  8. Jika tidak memungkinkan maka dapat menggunakan pondasi bored pile beton

Sebuah gudang umumnya memerlukan instalasi pembuangan air hujan sebagai siklus air keluar. Sebagian besar para kontraktor epoxy lantai menggunakan jalur atupun akses buangan air menggunakan talang zincalume. Sehingga dapat mengalirkan air dengan benar dan sesuai. Caranya dengan pemasangan triplek terlebih dahulu yang digunakan sebagai dasar, kemudian zincalume dan terakhir pasang fibre dengan frame besi siku dan juga plat strip dengan jarak sekitar 60 cm. kemudian untuk jalur pembuangan menggunakan pipa pvc yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga: Jasa Epoxy Lantai Pabrik Kimia Terbaik di Bekasi

Melihat perkembangan zaman yang semakin maju, saat ini kontruksi bangunan tidak hanya dilihat dari kekuatan, kokoh, tahan lama dan aman tetapi kemenarikan tampilan juga sudah menjadi pusat perhatian orang banyak. Sehingga saat ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuat kontruksi bangunan dengan tampilan yang unik dan juga megah. Sebelum membangun sebuah bangunan seharusnya sudah menentukan jenis bahan yang akan digunakan. Dari beberapa bahan bangunan yang ada, yang biasa digunakan dalam dunia kontruksi adalah bahan baja atau yang dikenal dengan beton.

Baca Juga: Jasa Konstruksi Baja

Pilihan pada beton atau baja ini juga tidak terpaku pada satu jenis saja, tetapi Anda juga dapat menentukan baja yang nantinya akan dipakai.

Beberapa jenis baja yang bisa Anda pilih untuk diaplikasikan pada lantai gudang adalah sebagai berikut:

  1. Baja wide flange (IWF).

Biasa digunakan pada kolom, tiang pancang, balik, top dan juga bottom chord member yang sering dijumpai pada truss, column atau yang dikenal dengan composite beam, kanopi, kantilever dan lain sebagainya.

  1. Baja kanal U (UNP)

Penggunaan baja kanal U memang sama dengan penggunaan baja wide flange (IWF), kecuali jika digunakan pada kolom, akan sangat jarang digunakan karena jauh lebih mudah jika mengalami lekuk. Dan istilah lain dari kanal U adalah profil U, C-Channel.

  1. Baja CNP (Lipped Channel)

Baja ini biasa digunakan sebagai balok dudukan penutup pada atap atau yang dikenal dengan purlin. Biasa digunakan untuk girts yang merupakan elemen yang digunakan sebagai pegangan dari penutup dinding seperti misalnya metal sheet. Selain itu baja jenis ini sangat biasa digunakan untuk member pada truss dan juga rangka pada komponen arsitektural. Baja CNP juga dikenal sebagai kanal C, balok purlin, C-channel, profil C

  1. Baja H-Beam

Sangat biasa digunakan untuk kolom, balok, tiang pancang, top and bottom chord member yang ada pada truss, composite bean atau column, kantilever kanopi dan juga jenis lainnya. Nama lain dari baja jenis ini adalah IWF, WF, H beam UC, UB, Balok I, Balok W, dan Balok H.

  1. Baja plat hitam

Plat baja sering kali hadir dengan berbagai macam standar ukuran dan juga tingkatan yang memang dapat digunakan dalam rangka memenuhi persyaratan yang digunakan untuk penggunaan secara langsung, fabrikasi ataupun roll. Untuk setiap produk plat baja memang sudah melalui uji protocol control kualitas dengan sangat ketat. Baja plat hitam ini sering digunakan pada pembuatan plat lambung pada kala, pembuatan tangki dan juga pembuatan lainnya.

  1. Besi siku

Mempunyai dua jenis, yaitu besi siku biasa dan besi siku lubang. Untuk besi siku pada umumnya digunakan adalah besi siku sama kaki, yang mempunyai ukuran antara 50 mm sampai 250 mm. penggunaan besi siku biasa digunakan sebagai baja structural atau dapat digunakan untuk kebuuhan lainnya. Untuk tipe yang disediakan adalah tipe equal angel dan unequal angel. Lain halnya untuk besi siku lubang memang biasa digunakan untuk sandaran pada buku, rak maupun almari dan lain sebagainya.

  1. Steel pipe

Sangat biasa digunakan untuk bracing baik secara horizontal dan juga vertical. Untuk secondary beam memang biasa digunakan pada rangka atap, kolom arsitektural, dan juga support komponen arsitektural yang biasa digunakan untuk eksposed karena mempunyai nilai artistic yang berbentuk silinder.

  1. Baja T – Bean (Hot Rolled)

Digunakan dalam sebuah kontruksi yang merupakan structural load – bearing – logam yang mempunyai bentuk seperti penampang T. pada bagian atas berfungsi sebagai flange yang digunakan untuk melawan tegangan tekan. Dan pada web dari balok bagian flens mempuntai fungsi untuk melawan tegangan tarik yang memang disediakan untuk pemisah tekanan dari kekuatan lekuk.

Beberapa jenis kontruksi baja tersebut dapat diterapkan pada gudang namun tetap disesuaikan dengan fungsinya masing-masing. Apalagi baja merupakan salah satu komponen kontruksi yang sangat ramah lingkungan. Selain itu dengan menggunakan baja juga dapat mengurangi penggunaan kayu yang sering kali dapat merusak alam. Dengan tingkatan kualitas yang dimiliki, baja juga dapat menjadikan gudang lebih unik.

Leave a Comment